Mencari Pekerjaan ? Gampang
dan Mudah
Apa yang menjadi
cita-cita Anda setelah sukses menyelesaikan kuliah?Beberapa dari Anda mungkin
berkeinginan untuk melanjutkan kuliah S2 atau bahkan S3, dan pastinya ada
beberapa dari Anda ingin langsung bekerja, mengaktualisasikan diri,
mengimplementasikan ilmu yang telah Anda dapat sebelumnya.
Mencari pekerjaan
adalah sesuatu yang gampang dan mudah. Namun, karena tidak sesuai dengan
pendidikan, jam kerja yang terlalu mengikat, suasana kerja yang tidak
menyenangkan, membuat Anda merasa kurang puas dengan pekerjaan.
Yang telah ditulis
di atas menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang harus dipikirkan terlebih
dahulu sebelum kita memilih dan mendapatkan pekerjaan yang ideal. Apa saja ya?
1. Anda Memiliki
Potensi Diri, Kenalilah!
Anda adalah Anda,
dengan segala kelebihan dan kekurangan. Buatlah analisa strength, weakness,
opportunities dan Threat (SWOT) mengenai diri Anda, itulah potensi Anda.
Buatlah gambaran yang pasti pekerjaan apa saja yang tepat. Apakah pekerjaan itu
diyakini sesuai dengan potensi yang Anda miliki sekarang? Melakukan pekerjaan
yang sesuai dengan potensi Anda kemungkinan untuk sukses lebih besar dari pada
melakukan pekerjaan yang tidak sesuai.
2. Anda Memiliki
Kepribadian, Sesuaikan!
Carilah pekerjaan
yang sesuai dengan kepribadian anda. Misalnya, bila Anda adalah seorang yang
easy going, suka ber-traveling mungkin anda cocok dengan pekerjaan yang banyak
berhubungan dengan publik / orang seperti humas, wartawan dan lain-lain.
Bila anda seorang
yang menyukai hal-hal detail, tidak banyak berhubungan dengan orang, merasa
lebih nyaman mengerjakan pekerjaan di belakang meja mungkin pekerjaan yang
cocok adalah di bidang finance & accounting
3. Idealisme dan
pola kerja.
Masing-masing dari
Anda pastilah memiliki idealisme yang berbeda satu sama lain. Cocokanlah
ideliasme Anda dengan pekerjaan yang Anda akan tekuni nantinya. Mungkin tepat
bagi anda untuk memilih bekerja di lapangan atau menjadi bagian dari tim
kreatif, atau bahkan melakukan kerja lepas atau freelance bila Anda adalah
seorang yang mempunyai idealisme tinggi dan menyukai pola kerja bebas alias
tidak dibatasi jam kerja. Jika Anda ingin berada dalam lingkungan kerja yang
terpola dan terbatasi waktu, pilihan kerja di atas bukanlah hal yang tepat.
Anda tidak akan pernah merasa nyaman, sehingga akan sering tidak fokus dan pada
akhirnya menimbulkan stres.
4. Saran dari Orang
Terdekat, minta dan dengarkanlah!
Biasanya, orang
lain apalagi orang terdekat lebih tahu hasil kerja Anda dibandingkan Anda
sendiri. Jadi, sebaiknya Anda mendengarkan dan mempertimbangkan saran orang
lain mengenai pekerjaan Anda. Kebanyakan dari kita sering beranggapan bahwa
selama ini telah bekerja baik, padahal orang lain menganggap kurang. Segera
rangkum dan perbaiki!
5. Daftar Prioritas
adalah sesuatu yang Penting dimiliki!
Anda sekarang telah
memiliki banyak data mengenai diri Anda. Potensi, kepribadian, idealisme bahkan
saran dari orang terdekat Anda. Sekarang buatlah daftar prioritas perusahaan
yang ingin Anda Lamar. Seharusnya Anda sudah tahu pekerjaan apa yang cocok
dengan Anda.
6. Proaktif mencari
Pekerjaan, Efektif dan Efisien!
Manfaatkan mesin
pencari pekerjaan yang telah disediakan di situs lowongan pekerjaan atau Anda
dapat menggunakan situs jejaring sosial serta mendaftarkan diri menjadi anggota
situs web yang menyediakan layanan bursa lapangan kerja.
7. Tekuni Pekerjaan
yang sudah Anda Pilih!
Begitu Anda sukses
mendapatkan pekerjaan yang sesuai, kerjakan pekerjaan tersebut dengan ikhlas
dan sepenuh hati. Perlu diingat bahwa Anda telah menyisihkan orang lain yang
mungkin memiliki keinginan yang lebih besar dibandingkan Anda. Anda telah
meraihnya dengan susah payah. Jadi sudah sepatutnya Anda bersyukur dan
mencintai pekerjaan itu. Orang yang mencintai pekerjaannya akan tercermin
melalui hasil kerjanya. Anggap saja melakukan kegiatan favorit Anda. Dijamin
pekerjaan akan terasa lebih mudah, ringan dan Anda akan semakin sukses!
No comments:
Post a Comment
Berikan Komentar Anda Agar Menjadi Lebih Baik