Sunday 26 February 2012

Pengertian Manajemen

Pengertian Manajemen


 Manajemen sebagai suatu Ilmu
Jika ilmu di definisikan suatu pengetahuan yang terorganisir dan uang sistematis maka Manajemen dapat dikatakan sebagai Ilmu. Karna para pakar Manajemen dan para menejer dapat memberikan definisi, menganalisis, menguji, dan mengukur sebagai berbagai fenomena/kejadian kemudian menyimpulkan sehingga dihasilkan suatu teori, yaitu teori Manajemen.

 Manajemen sebagai suatu Seni
Penerapan atau pelaksanaan berbagai teknik dan fungsi manajeman di dalam organisasi yang berbeda-beda antara satu organisasi dengan organisasi lainnya, ini merupakan suatu seni.

 Manajemen sebagai suatu Proses
Jika manusia berkumpul untuk mencapai tujuan bersama pasti akan terjadi suatu proses kerja sama agar tujuan tercapai.


1.2. Efisiensi dan Efektifitas

 Efisiensi
Efisiensi adalah pengunaan sumber daya secara minimum guna pencapaiaan hasil yang optimal.untuk mencapai tujuan – tujuan tersebut dapat di evaluasi dengan penilaiaan – penilaiaan, yaitu dengan membandingkan antara masukan dan keluaran yang diterima.

 Efektifitas
Efektifitas adalah pencapaiaan tujuan secara tepat atau memilih tujuan – tujuan yang tepat dari serangkaiaan pilihan cara dan menentukan pilihan dari beberapa pilihan lainnya. Efektifitas juga dapat di artikan sebagai ukuran keberhasilan dalam pencapaiaan tujuan – tujuan yang telah ditentukan.

1.3. Hal – hal yang berkaitan dengan Manajeman

1. Peremcanaan.
2. Peramalan.
3. Sumber Daya Manusia.
4. Manejer.
5. Keahlian – keahlian.
6. Struktur lingkungan dan lamgkungan umum.
7. Metode – metode & Teori – teori
8. Dll.

1.4. Keahlian Manajer

Dalam mengelola organisasi maka manajer memerlukan keahlian yang berkaitan dengan manajemen. Kealian manajer dapat meningkatkan kualitas kinerja manajemen. Macam – macam keahlian manajemen sebagai berikut ;

A. Keahlian Teknik ( Technical Skill )
Merupakan kemampuan untuk menggunakan berbagai peralatan, prosedur atau teknik dalam bidang tertentu.

B. Keahlian Maslah Manusia ( Human Skill )
Merupakan keahlian untuk dapat mengerti dan memahami tentang karakteristik orang lain, mengetahui potensi dan kelemahan manusiaharapan masa depan dan reaksi terhadap ancaman dari manusia itu sendiri.

C. Keahlian Konseptual ( Conceptual Skill )
Yaitu kemampuan untuk dapat melihat secara sistematis dan komprehensif atas semua aktivitas dan kepentingan organisasi.

D. Keahlian Strategi ( Strategic Skill )
Keahlian ini diperlukan bagi manajer untuk dapat melihat organisasi sebagai sistem di mana gangguan atau keberhasilan dari unit organisasi akan mempengaruhi kegagalan dan keberhasilan organisasi.


1.5. Mengapa kita perlu mempelajari manajemen ?

Di jaman sekarang ini, hampir tidak mungkin kebutuhan manusia dapat diperoleh sendiri tanpa bantuan orang lain dan sarana pendukung. Dengan mengerti manajemen, manusia secara rasional akan bertindak dengan efisien dan efektif. Melalui manajemen manusia akan saling mengerti dan memahami kelebihan dan kekurangan masimg – masing. Lihat Artikel Asli di http://tomat1610.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Berikan Komentar Anda Agar Menjadi Lebih Baik